>

PROGRAM KERJA LEMBAGA HISAB RUKYAT

 

  1. Melakukan sosialisai Ilmu Falak (Hisab dan Rukyat) kepada masyarakat khususnya mengenai Penentuan Awal Bulan Hijriyah, Penentuan Awal Waktu Shalat, Penentuan Arah Kiblat dan Penentuan Waktu Gerhana melalui pelatihan-pelatihan, seminar, diskusi, penerbitan media, kalender, jadwal shalat puasa, pameran ilmu falak dan sebagainya.
  2. Membangun jaringan koordinasi kegiatan rukyat secara nasional yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia setiap menjelang awal bulan Hijriyah serta mengumpulkan laporan melalui media yang mudah diakses.
  3. Bekerjasama dengan pemerintah khususnya Departemen Agama RI lewat Badan Hisab dan Rukyat (BHR) baik dari tingkat pusat maupun daerah serta lembaga lain yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan melalui kegiatan-kegiatan lapangan maupun pendidikan.
  4. Menjadi mediator antara bermacam-macam Kriteria Sistem Kalender Islam yang berkembang di Indonesia misalnya  Kriteria Wujudul Hilal, Imkanurrukyat MABIMS, Rukyatul Hilal, Kriteria LAPAN dsb, untuk bekerjasama.
  5. Membangun sistem infomasi falak yang berisi segala sesuatu tentang ilmu falak dan mudah diakses oleh masyarakat yang membutuhkan.
  6. Menyediakan infomasi Data Hisab yang akurat kepada masyarakat . Data Hisab Falak meliputi    Penentuan Awal Bulan Hijriyah, Penentuan Awal Waktu Shalat / Jadwal Imsakiyah, Penentuan Arah Kiblat dan Waktu Terjadinya Gerhana melalui berbagai media.
  7. Melayani kebutuhan masyarakat baik berupa materi, peralatan maupun tenaga ahli hisab rukyat untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan pengembanagn ilmu falak.
  8. Mengadakan kegiatan observasi dan penelitian terhadap fenomena benda langit yang berkaitan dengan ilmu falak sehingga dapat digunakan sebagai alat uji akurasi terhadap sistem hisab.
  9.  Melakukan kajian dan pengembangan terhadap metode hisab dan rukyat dengan pendekatan teknologi sehingga dapat diperoleh hasil hisab yang akurat dan dikembangkannya metode rukyat menggunakan bantuan teknologi.