>

BIDANG PENDIDIKAN

 

  • Peningkatan Sarana dan Prasarana melalui:

1).    Penyelesaian gedung kuliah baru hingga tahun 2013

2).    Optimasi penggunaan sarana dan fasilitas pendidikan yang ada di kampus.

3).    Membuka jurusan-jurusan baru sesuai dengan permintaan pasar.

4).    Peningkatan status akreditasi.

 

  • Peningkatan Produktivitas melalui :

1).    Peyempurnaan kurikulum dengan mengacu pada pelaksanaan isi dan jiwa UUSPN No. 2 Th 1989, PP No. 30 Th 1990 tentang Pendidikan Tinggi dan perkembangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan tenaga kerja.

2).    Peyempurnaan tujuan, metode, teknik dan evaluasi pengajaran untuk mendorong oto aktivitas mahasiswa melalui proses belajar mengajar yang bersifat dua arah;

3).    Pemantapan dan pengembangan materi, struktur organisasi dan strategi kurikulum program pendidikan Strata 1 dengan cara:

  • menciptakan keseimbangan komposisi berbagai komponen dalam kurikulum
  • menyusun Tujuan Instruksional Umum/tujuan Instruksional Khusus, silabi dan diskripsi untuk seluruh mata ajaran di setiap jurusan dan strata pendidikan.

4).    Penciptaan iklim belajar mengajar yang menunjang terlaksananya masyarakat akademis di lingkungan kampus.

5).    Peningkatan relevansi pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat; dan

6).    peningkatan jumlah lulusan hingga mencapai sekurang-kurangnya 11,3% pertahun dengan tanpa mengabaikan mutu lulusannya.

 

  • Pengembangan Kapasitas Sistem Pendidikan melalui :

1).    pengembangan staf akademika yang ditekankan pada jumlah, jenis dan mutu serta komposisi dan rasio yang memadai.

2).    peningkatan efektivitas dan efisiensi pengelolaan serta pengembangan secara gradual jumlah, jenis dan mutu staf pengajar.

3).    penyempurnaan proses manajemen pendidikan yang meliputi administrasi umum, administrasi kepegawaian dan administrasi keuangan.

4).    pengembangan sumber-sumber finansial dengan cara melakukan diversifikasi sumber dari berbagai pihak yang sifatnya tidak mengikat; dan

5).    pengembangan kampus dan fasilitas lainnya seperti perpustakaan, laboratorium/studio beserta kelengkapannya.

 

 

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

 

Pengembangan jurusan dan strata

1).    Tujuan pengembangan :

a).  Memantapkan jurusan atau program studi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang berorientasi pada lapangan kerja yang tersedia.
b).  Menambah jurusan atau program studi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang berorientasi pada lapangan kerja yang tersedia khususnya program studi ilmu-ilmu keras dan spesialis.

2).    Sasaran :

a).    Jangka Pendek (5 Tahun) :

  1. Mencetak Jurusan yang unggul kualitas baik di Kabupaten Pati
  2. Pembangunan dan perluasan fisik untuk menunjang proses pembelajaran
  3. Membuka Jurusan-Jurusan baru sesuai dengan permintaan pasar.

b).   Jangka Panjang (10 tahun) :

Merupakan kelanjutan dari sasaran jangka pendek. Peningkatan program studi lebih disempurnakan dan dititik beratkan kepada kebutuhan masyarakat akan tenaga sarjana, serta pembangunan.

 

Pengembangan Kurikulum

1).    Tujuan Pengembangan :

Memantapkan dan mengembangkan materi, struktur organisasi dan strategi kurikulum program S-1, serta pengembangan ilmu-ilmu agama islam untuk menjawab setiap persoalan yang berkembang di masyarakat. Untuk itu STAI PATI bertekad untuk menjadikan kampus STAI PATI sebagai  pusat pengembangan ilmu-ilmu Islam secara bertahap, sehingga pada tahun 2018 harapan tersebut akan dapat terlaksana.

2).    Sasaran :

  • a.   Terwujudnya keseimbangan komposisi komponen-komponen dalam kurikulum.
  • b.   Tersusunnya Tujuan Instruksional Umum/Tujuan Instruksional Khusus, serta stabilnya untuk tiap program dan strata yang lebih mantap.
  • c.   Terlaksananya model-model pendekatan intern dan antar disiplin ilmu secara luwes dan luas tanpa mengurangi disiplin yang diambil/digarap dalam jurusan maupun program studi.
  • d.   Terlaksananya system evaluasi dan bimbingan studi dengan pedoman yang telah ditetapkan.
  • e.   Tersedianya sarana penunjang untuk melaksanakan metode pengajaran sesuai dengan kurikulum.
  • f.    Terwujudnya sistem seleksi penerimaan calon mahasiswa sesuai dengan bidang studi/jurusan yang ada.

 

Pengembangan Mahasiswa

1).    Tujuan Pengembangan :

  • a.   Meningkatkan jumlah dan kualitas calon mahasiswa yang diterima.
  • b.   Meningkatkan produktivitas pendidikan.

 

2).    Sasaran :

Pada lima tahun kedepan diproyeksikan jumlah mahasiswa yang diterima stabil. Kebijakan ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu lulusan.  Dengan jumlah yang diterima, maka akan mempermudah penyusunan perencanaan dan upaya untuk meningkatkan mutu akademik.  Rata-rata lama studi 4,5-5,5 tahun dan terus diusahakan makin mendekati ketepatan waktunya (4-5 tahun). Dan dapat mencapai kualitas lulusan yang excellent.

 

Pengembangan Tenaga Edukatif

1).    Tujuan Pengembangan :

  • a.   Meningkatkan jumlah dan mutu tenaga edukatif secara keseluruhan
  • b.   Meningkatkan jumlah tenaga dosen yang berpangkat tinggi (Lektor – Guru Besar)
  • c.   Meningkatkan jumlah mahasiswa ideal dengan menambah jumlah dosen secara bertahap.

2).    Sasaran :

  • a.    Dalam jangka pendek diharapkan ada peningkatan penerimaan dosen, kenaikan pangkat dosen dan memberi kesempatan tugas belajar pada dosen. Diharapkan dalam jangka panjang STAI PATI mempunyai perbandingan tenaga edukatif berpangkat Guru Besar, Lektor Kepala, Lektor dan Asisten Ahli  = 1 : 3 : 4 : 4
  • b.   Pengembangan staf inti (kelompok pengajar) sesuai dengan jurusan/program studi yang ada atau jenis disiplin yang dikembangkan.
  • c.    Penyempurnaan proses pembelajaran menuju sistem efisien, efektif dan tepat sasaran.