>

BIDANG PENELITIAN

 

  • Peningkatan dan Pengembangan kegiatan Penelitian melalui:

1).    Membangun budaya penelitian bagi civitas akademika

2).    pembentukan  Staf Inti Peneliti dari berbagai disiplin yang penting dan relevan bagi bidang studi yang ada ;

3).    penataran dan pemberian latihan-latihan penelitian pada staf peneliti/pengajar muda dengan tanpa mengabaikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi keikutsertaan mahasiswa.

4).    Pengembangan penelitian dosen dalam penelitian dasar dan terapan.

5).    pembekalan tentang latar belakang masalah penelitian yang perlu diteliti utamanya dalam lapangan studi yang ada di Fakultas maupun Jurusan.

 

  • Peningkatan dan Pendayagunaan Potensi Penelitian melalui:

1).    peningkatan kemampuan penelitian dengan mengutamakan dimensi pendidikan dan penelitian terapan yang menunjang usaha pembangunan

2).    peningkatan penyediaan sumber dana penelitian baik dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah.

3).    peningkatan hubungan kerjasama dengan lembaga lain; dan

4).    simplifikasi prosedur administrasi penelitian

5).    Penerapan hasil-hasil penelitian untuk kehidupan masyarakat luas dengan mempublikasikan hasil-hasil penelitian baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen melalui jurnal AL-BURHAN (nama jurnal STAI PATI)

 

PENGEMBANGAN PENELITIAN

Pembinaan Penelitian

Penelitian yang dihasilkan selama ini dilakukan atas usaha STAI PATI sendiri dan melalui kerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Departemen Agama serta lembaga lain. Pembinaan secara institusional dilakukan melalui tim atau kelompok-kelompok peneliti yang tenaganya juga merupakan kelompok dari jurusan yang ada. Kelompok-kelompok peneliti tersebut pembinaan maupun pengembangannya dilakukan lewat wadah Pusat Penelitian. Kecuali dilakukan oleh para staf pengajar, penelitian yang diselenggarakan di STAI PATI senantiasa melibatkan para mahasiswa.

Adapun dasar pemikiran pembinaan dan pengembangan penelitian sesuai dengan garis-garis yang telah ditentukan dalam Bab Dasar Perencanaan adalah : Di wilayah Kabupaten Pati saat ini belum ada satupun perguruan tinggi yang bertindak sebagai pusat kajian, penelitan dan pengembangan ilmu-ilmu agama Islam yang dibutuhkan untuk menjawab setiap persoalan yang berkembang di masyarakat. Untuk itu STAIP bertekad untuk menjadikan kampus STAIP sebagai  pusat kajian, penelitian dan pengembangan ilmu-ilmu Islam secara bertahap, sehingga di tahun 2018 harapan tersebut akan dapat terlaksana.

 

Konsep Pengembangan Penelitian

a. Program :

1).  Pemegang Kebijaksanaan :

Keterlibatan pimpinan STAI PATI dan Ketua-ketua Jurusan dalam merumuskan kebijaksanaan tanpa mengurangi kemungkinan serta sifat kemandirian penelitian atau kebebasan akademik.

2).  Pengembangan :

Penelitian juga diarahkan kepada pengembangan jurusan-jurusan / program studi yang ada atau yang sedang dipersiapkan.

 

b. Tenaga :

Lebih banyak mendorong dan memberikan kesempatan kepada para peneliti, pengajar dan para mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan penelitian. Disamping itu juga terus dilakukan usaha untuk meningkatkan kecakapan dan ketrampilan mereka sebagai pelaksana penelitian.

 

c. Sarana :

Penyediaan sarana penunjang yang memadai untuk kegiatan penelitian seperti laboratorium, alat-alat peraga dan fasilitas transportasi.