>

BIDANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

 

  • Pengembangan STAI PATI sebagai unsur penunjang Pembangunan Nasional dan Pembangunan Regional melalui :

1).    peningkatan kemampuan pengabdian kepada masyarakat dari seluruh sivitas akademika khususnya oelh staf pengajar dan mahasiswa.

2).    pengembangan kelembagaan pengabdian kepada masyarakat terutama dengan menekankan kepada aspek keilmuan dari bidang-bidang studi yang ada di Fakultas maupun Jurusan.

3).    pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna yang menunjang pembangunan masyarakat.

4).    peningkatan relevansi pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan maupun kebutuhan masyarakat, dan penyempurnaan/ pembaharuan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN).

 

  • Pengarahan dan peningkatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara tepat guna dan efektif melalui :

1).    Kegiatan pelayanan masyarakat dengan penekanan pada kegiatan penyuluhan pembangunan dan Dakwah ;

2).    Kegiatan pendidikan masyarakat dengan penekanan pada bidang-bidang studi yang ada di Fakultas maupun Jurusan.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas pada pokoknya merupakan kegiatan yang berkaitan satu sama lain dan karenanya dilaksanakan secara terpadu. Hal ini berarti bahwa pengembangan pada bidang tertentu akan senantiasa memperhatikan hasil pengembangan pada bidang yang lain. Selain itu pelaksanaan atas kegiatan-kegiatannya, sedikit atau banyak akan ditentukan juga oleh kebutuhan dan kemampuan dari lembaga. Oleh sebab itu, dirasa perlu untuk sedini mungkin mengadakan pengiraan ke depan, agar STAI PATI dapat menetapkan skala prioritas pelaksanaan dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Menyadari bahwa untuk tercapainya pengembangan kegiatan-kegiatan itu secara maksimal diperlukan adanya saling keterpaduan dari berbagai unsur pelaksanaan, maka masing-masing unsur merupakan kesatuan yang saling berinteraksi dan berinterpedensi.

Dalam pengertian itu maka seluruh unsur sivitas akademika yang terdiri dari dosen, mahasiswa karyawan dan alumni perlu diikutsertakan secara aktif untuk upaya pencapaian kegiatan sebagaimana yang dimaksud dalam konsep pengembangan, baik perorangan, maupun secara bersama-sama, semua unsur sivitas akademika STAI PATI sentiasa dibina dan diarahkan semaksimal mungkin bagi keberhasilan kebijakan tersebut.

Selain itu, agar diperoleh kejelasan tentang konsep-konsep dasar yang dikembangkan guna tercapainya kehidupan kampus yang diinginkan, maka berikut ini akan diuraikan beberapa hal yang berkaitan dengan :

1).    Organisasi Perguruan Tinggi

2).    Tata Hubungan antar Jurusan dan

3).    Hubungan antar Lembaga

 

1.   Organisasi Sekolah Tinggi Agama Islam Pati

Seluruh kegiatan STAI PATI saat ini menempati lokasi di Jl.Kampus Raya No.5 Dadirejo Margorejo Pati Jawa Tengah. Perlu diketahui bahwa prasarana dan sarana fisik maupun non fisik yang tersedia di STAI PATI cukup memadai dalam menunjang proses akademik, tetapi untuk mewujudkan “Real University” sarana dan prasarana tersebut perlu untuk ditingkatkan dan disempurnakan. 

2.   Tata hubungan antar Jurusan

Saat ini STAI PATI memiliki 2 Jurusan yaitu Jurusan Tarbiyah dan Jurusan Syariah. Masing-masing Jurusan memiliki satu Prodi. Jurusan Tarbiyah memiliki Prodi PAI ( Pendidikan Agama Islam ) dan Jurusan Syariah memiliki Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah ( Hukum Keluarga ).

3.   Hubungan antar Lembaga

Pada prinsipnya semua lembaga yang tersedia di lingkungan STAI PATI dikelola dan diintegrasikan kedalam suatu sistem yang terpadu. Pengelolaan semacam ini sama sekali tidak berarti bahwa masing-masing lembaga, akan kehilangan keleluasaannya untuk mengambil inisiatif di dalam melaksanakan fungsinya.

Sebagai unsut pelaksana akademika, masing-masing lembaga baik secara sendiri, maupun secara bersama-sama, akan dibina serta diarahkan kepada usaha pencapaian tujuan secara keseluruhan. Dengan kata lain, semua lembaga yang ada dipandang sebagai bagian satu sama lain saling berkaitan di dalam kerangka yang sama, yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

PENGEMBANGAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

 

Pembinaan Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Pembinaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah mendapat dukungan dan bantuan dari instansi pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah. Sampai saat ini telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan bakti sosial, dan KKN terutama yang berhubungan dengan kegiatan pembangunan di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Pati.

 

Konsep Pengembangan

Pengembangan pengabdian kepada masyarakat yang dikoordinasi melalui Pusat Pengabdian Pada Masyarakat, diharapkan dapat mendukung kegiatan yang ada dengan lebih efektif dan efisien, berkesinambungan dan evaluasinya dapat dilaksanakan secara teratur.