>

PEMBINAAN KEMAHASISWAAN

 

Kegiatan pembinaan kemahasiswaan STAI PATI dilakukan berdasarkan pedoman dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Kegiatan pembinaan kemahasiswaan yang dilakukan meliputi :

  • Pembinaan sikap dan kegiatan mahasiswa.

1). Pembinaan sikap mental dan orientasi mahasiswa. Disamping itu penalaran mahasiswa dikembangkan guna membentuk sikap dan orientasi ilmiah, serta insan cendekiawan yang mantap dikelak kemudian hari, yaitu dengan jalan menyelenggarakan seminar-seminar ilmiah, diskusi, panel, riset dan sebagainya yang bertemakan masalah-masalah sosial, keagamaan maupun masalah bidang studi baik yang dihadapi pada dewasa ini maupun yang akan datang. Pembinaan kemahasiswaan itu juga untuk mempersiapkan sikap dan perilaku profesionalisme yang ditekuni para mahasiswa, khususnya pada bidang yang berhubungan dengan disiplin ilmunya. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan memiliki daya tanggap dan kepekaan serta orientasi yang cukup tinggi terhadap masalah-masalah keilmuan, kemasyarakatan dan keagamaan maupun dalam berbagai bidang studi yang berkembang dewasa ini.

2). Pembinaan kelembagaan kreatifitas mahasiswa. Kegiatan-kegiatan mahasiswa diluar perkuliahan dan praktikum mutlak memerlukan dukungan, pembinaan dan bimbingan. Kesemuanya itu disalurkan melalui lembaga-lembaga yang ada, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), RACANA ( Pramuka ) dan unit-unit aktivitas lainnya, sehingga kegiatan-kegiatan tersebut mampu memberi arti bagi upaya pembinaan mahasiswa secara keseluruhan.

  • Pembinaan Kesejahteraan Mahasiswa.

1). Meningkatkan pelayanan kebutuhan dasar mahasiswa yang meliputi pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, kurang mampu dan sebagainya.

2). Meningkatkan pelayanan kebutuhan pengembangan pribadi mahasiswa yang telah ditempuh lewat bimbingan dan konseling bagi mahasiswa, RACANA, UKM olah raga,UKM kesenian dan sebagainya.

3). Mengefektifkan pembinaan sarana penunjang kegiatan kesejahteraan dan pelayanan mahasiswa. Pengembangan kegiatan yang bersifat keagamaan / kerohanian seperti MABID Ramadhan di kampus,dan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial seperti bakti sosial.