Selamat Datang di Portal Informasi Akademik STAI PATI >> Alamat : Jl. Kampus Raya No. 5 Margorejo Pati . // Selamat dan Sukses Atas diraihnya Akreditasi "B" BAN-PT Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam STAI PATI. // Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1439 H / 2018 M. Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Wisuda Sarjana XXII STAI Pati

Pati - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pati dinilai sehat dan memiliki kualitas baik. Sekretaris Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah X Jawa Tengah Dr Hasyim Muhammad mengatakan hal itu dalam Wisuda XXII Sarjana STAI Pati di Gedung Haji, Sabtu (19/12).

Menurutnya, perguruan tinggi yang berada di Jalan Kampus Raya No 5 Margorejo Pati ini telah memenuhi lima kriteria PTAIS sehat.

Kriteria itu meliputi memiliki izin operasional, melaksanakan tri darma perguruan tinggi, memiliki jumlah dosen dengan nomor induk dosen nasional (NIDN) minimal enam untuk setiap prodi, tidak ada konflik, serta memiliki pangkalan data perguruan tinggi dengan status aktif.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengapresiasi STAI Pati yang telah membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. Ke depan peran tersebut diharapkan bisa lebih baik seiring dengan peningkatan kualitas pendidikannya. Ketua STAI Pati, Yusuf Fatoni MAg mengemukakan, wisuda tahun ini diikuti 183 orang yang berasal dari dua program studi (prodi).

Sebanyak 176 wisudawan dari Prodi PAI Jurusan Tarbiyah dan 7 wisudawan dari Ahwal asy-Syakhsiyah Jurusan Syariah. Wisudawan terbaik Prodi PAI adalah Supirso dengan IPK 3,81. Wisudawan terbaik Prodi Ahwal asy-Syakhsiyah yaitu Moh Ulul Albab dengan IPK 3,77.

Dikatakan, wisuda bukan berarti selesainya perjuangan justru menjadi titik awal perjuangan bagi lulusan STAI Pati untuk berkiprah di tengah masyarakat. ”Kini saatnya para wisudawan mengabdikan diri dan memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat.”

Lebih lanjut dia menjelaskan, berbagai kompetensi yang dimiliki para wisudawan diharapkan dapat merespons kebutuhan sekaligus menjawab persoalan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat benarbenar merasakan manfaatnya.

”Wisudawan STAI Pati harus menjadi sarjana yang tangguh, kreatif, penuh idealisme sekaligus berperan besar dalam pembangunan. Sementara, Bupati Pati Haryanto yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi STAI Pati yang telah memberikan kontribusi besar kepada pemerintah.

Terlebih dalam kiprahnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). ”STAI Pati telah menghasilkan banyak alumnus berkualitas yang sukses berkiprah di berbagai bidang, baik sektor formal maupun nonformal.

Karena itu Pemkab Pati selalu menjalin komunikasi dan kerja sama dengannya.” Dia mengharapkan kampus tersebut dapat mengembangkan kelembagaannya menjadi universitas. Sebagai Bupati Pati, dia siap membantu memfasilitasi tenaga pengajar yang berkualifikasi doktor untuk mengajar di STAI Pati.