PRODI PIAUD

PROFIL:

Kaprodi: Suroningsih, M.Pd.

a. VISI PRODI PIAUD

“Menjadi unggul dalam pengembangan pendidikan Inklusif dan integratif di bidang pendidikan anak usia dini”

b. MISI PRODI PIAUD

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini secara inklusif dan inovatif; 
  2. Mengembangkan keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini yang integratif; 
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan perkembangan pendidikan yang dilandasi nilai-nilai ajaran Islam; dan 
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. 

c. TUJUAN PRODI PIAUD

  1. Mencetak tenaga kependidikan dan atau tenaga kependidikan profesional bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. menghasilkan lulusan dengan keterampilan hidup sehingga mampu mengikuti perkembangan pendidikan.

d. PROFIL LULUSAN

Dapat di download disini

e. DOSEN

No Nama Lengkap Dosen Tetap NIDN/NIDK Tanggal Lahir Sertifikat Pendidik Jabatan Fungsional Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT  Bidang Keahlian Setiap Jenjang Pendidikan
1 2 3 4 5 6 7 8 9
1 Suroningsih, M.Pd. 2103089003 3/8/1990   Asisten Ahli Magister S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNNES,
S2 Pendidikan Dasar UNNES
S1 Pendidikan Anak Usia Dini,
S2 Pendidikan Dasar
2 Faila Sufa, M.Pd. 2116059002 16/05/1990   Asisten Ahli Magister S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNNES,
S2 Pendidikan Dasar UNNES
S1 Pendidikan Anak Usia Dini,
S2 Pendidikan Dasar
3 Shofria Ihda Mahayyun, M.Pd. 2112108602 12/10/1986   Asisten Ahli Magister S1 PAI UIN SUKA
S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY
S1 PAI,
S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
4 Ulfa Lili Qodriyah, M.Pd.I. 2126039201 26/03/1992   Asisten Ahli Magister S1 Kependidikan Islam UIN SUKA,
S2 Pendidikan Islam UIN SUKA
S1 Pendidikan Islam,
S2 Pendidikan Islam
5 Damar Septian, M.Pd. 402108405 6/10/1973 V Lektor Magister S1 Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga,
S2 Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret Surakarta
S1 Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga,
S2 Pendidikan Sains
6 Anista Ika Surachman, M.Pd. 2124118701 24/11/1987 V Lektor Magister S1 Matematika UNY,
S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY
S1 Matematika,
S2 Penelitian Pendidikan
7 Dr. Ambarwati, M.Ag. 2124027801 24/02/1978 V Lektor Doktor S1 Tafsir Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
S2 Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
S3 Manajemen Pendidikan Islam UIN Satu Tulungagung
S1 Tafsir Hadist,
S2 Manajemen Pendidikan,
S3 Manajemen Pendidikan
8 Heny Kusmawati, M.S.I. 2110079202 10/7/1992 V Lektor Magister S1 PAI UII,
S2 Magister Studi Islam UII
S1 PAI,
S2 Pengembangan Kurikulum

f. AKREDITASI PRODI

 SK Akreditasi dapat di download disini

KURIKULUM

Dapat di download disini

JADWAL KULIAH

Jadwal Kuliah dapat di download disini

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

a. CPL Aspek Keterampilan, Sikap, & Tata Nilai

No. CPL Aspek Keterampilan, Sikap, & Tata Nilai
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
7. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11 Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan.
11 Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia.
12 Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.
13 Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.
14 Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisiatif di tempat tugas.
15 Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.
16 Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang anak usia dini pada satuan pendidikan anak usia dini (TK/RA dan satuan PAUD lainnya).
17 Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang anak usia dini secara mandiri pada satuan pendidikan anak usia dini (TK/RA dan satuan PAUD lainnya).
18 Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran anak usia dini pada satuan pendidikan anak usia dini (TK/RA dan satuan PAUD lainnya).
19 Menginternalisasi sikap moderasi beragama.

b. CPL Keterampilan Umum

No. CPL Aspek Keterampilan Umum
1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi.
2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
4 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik.
5 Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin.
6 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan
(agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan.
7 Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
8 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
9 Memberikan layanan pembelajaran bagi anak usia dini yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
10  Memfasilitasi pengembangan potensi multi kecerdasan anak usia dini sebagai peserta didik secara optimal.
11 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran bagi anak usia dini.
12 Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran bagi anak usia dini.
13 Menguasai teori belajar dan pembelajaran bagi anak usia dini.
14 Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran bagi anak usia dini.
15 Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini.
16 Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar bagi anak usia dini.
16 Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada bagi anak usia dini.
17 Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada bagi anak usia dini.
18 Melakukan pendalaman bidang kajian pendidikan anak usia dini sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.
19 Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran bagi anak usia dini.
20 Menguasai teori kewirausahaan pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran bagi anak usia dini yang kreatif dan inovatif.
21 Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan pendidikan anak usia dini.
22 Menguasai teori kewirausahaan pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran bagi anak usia dini yang kreatif dan inovatif.
23 Menguasai konsep pelaksanaan manajemen lembaga pendidikan Islam AUD.
24 Menguasai konsep dan metode pembelajaran inklusif.
25 Menguasai konsep dasar perlindungan hak anak.
26 Menguasai konsep kesehatan dan gizi AUD.

c. CPL Aspek Keterampilan Khusus

No. CPL Aspek Keterampilan Khusus
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
4.  Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.
11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja
13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid.
14. Mampu menghafal dan memahami al-Qur’an juz 30 (Juz Amma).
15 Mampu melaksanakan dan memimpin ritual keagamaan berbasis ahlussunah wal-jama'ah.

d. CPL Aspek Pengetahuan

No. CPL Aspek Pengetahuan
1. Mampu mengembangkan kurikulum bidang anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.
2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya.
3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya.
4. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keilmuan bidang anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan beragama
dalam kehidupan nyata anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya dan di masyarak
5. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum.
6. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan
pembelajaran.
7. Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya.
8. Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan terkait dengan anak usia dini di TK/RA dan satuan PAUD lainnya secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri
dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati.
9. Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat dan hadis tarbawi.
10. Mampu melaksanakan kegiatan managerial dalam penyelenggaraan pendidikan Islam AUD.

KALENDER AKADEMIK

Kalender Akademik bisa di download Disini

MAGANG:

a. Syarat Administrasi (Bisa di lihat Disini)

b. Prosedur Magang (Bisa di lihat Disini)

c. Pedoman Magang (Bisa di lihat Disini)

SKRIPSI:

a. Jadwal Munaqosah / Edaran Munaqosah ( Bisa di lihat Disini )

b. Syarat Administrasi Proposal (Bisa di lihat Disini)

c. Prosedur Pengajuan Proposal (Bisa di lihat Disini)

d. Perizinan Penelitian (Bisa di lihat Disini)

e. Pedoman Penulisan Skripsi (Bisa di lihat Disini)

KEMAHASISWAAN :

a. Beasiswa: dapat dilihat di web PMB 

b. Prestasi: